Halaman

Hamster

Jumat, 10 Mei 2013

UJIAN MESRAN.NET VISUAL STUDIO 2008 YANG DI BERI WAKTU NYA 30 MENIT


UJIAN UTS MENGGUNAKAN VISUAL STUDIO 2008
DENGAN DOSEN MESRAN.NET DALAM WAKTU
30 MENIT CUMAN OPEN BOOK

LANGAKAH PERTAMA DESAIN LHA TERLEBIH DAHULU DATABASE NYA MENGGUNAKAN MICROSOFT ACCESS SEPERTI GAMBAR DI BAWAH INI


SETELAH SELESAI DESAIN LHA MENU UTAMA NYA SEPERTI DI BAWAH INI
LISTING KAN  PROGRAM NYA SEPERTI DIBAWAH INI

Public Class Form1

    Private Sub MOBIToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MOBIToolStripMenuItem.Click
        MOBIL.MdiParent = Me
        MOBIL.Show()
    End Sub
End Class

SETELAH SELESAI DESAIN DAN LISTING PROGRAM MAKA MASUK LHA KITA
KEPADA DESAIN KEPEMILIKAN MOBIL YANGA MANA DISINI DESAIN NYA SBB;


SETELAH SELESAI MENDESAIN SEPERTI GAMBAR DI ATAS KEMUDIAN BUAT  LISTING   PROGRAM NYA SEPERTI BAWAH INI;;;;;

Imports System.Data.OleDb

Public Class MOBIL
    Public DB As OleDbConnection
    Public CMD As OleDbCommand
    Public ADP As OleDbDataAdapter
    Public DR As OleDbDataReader
    Public DS As New DataSet
    Dim SQL As String
    Public Sub OPENDB()
        Dim LOKASI = "Provider = Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data Source=C:\UTS\DATABASE15.mdb"
        DB = New OleDbConnection(LOKASI)
        If DB.State = ConnectionState.Closed Then
            DB.Open()
        End If
    End Sub

    Sub RecordMOBIL()
        ADP = New OleDbDataAdapter("SELECT * FROM MOBIL", DB)
        DS = New DataSet
        ADP.Fill(DS, "MOBIL")
        DataGridView1.DataSource = DS.Tables("MOBIL")

    End Sub

    Sub butoonbaru()
        Button1.Enabled = True
        Button2.Enabled = False
        Button3.Enabled = False
        Button4.Enabled = False
        Button5.Enabled = False
        Button6.Enabled = True
    End Sub
    Sub butoonedit()
        Button1.Enabled = False
        Button2.Enabled = False
        Button3.Enabled = True
        Button4.Enabled = True
        Button5.Enabled = True
        Button6.Enabled = False
    End Sub
    Sub butoonsimpan()
        Button1.Enabled = False
        Button2.Enabled = True
        Button3.Enabled = False
        Button4.Enabled = False
        Button5.Enabled = True
        Button6.Enabled = False
    End Sub
    Sub hapustext()
        TextBox1.Text = ""
        TextBox2.Text = ""
        TextBox3.Text = ""
        ComboBox1.Text = ""
        TextBox4.Text = ""
        Call butoonbaru()
    End Sub
    Private Sub MOBIL_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        Call OPENDB()
        Call RecordMOBIL()
        ComboBox1.Items.Add("HONDA")
        ComboBox1.Items.Add("TOYOTA")
        ComboBox1.Items.Add("SUZUKI")
    End Sub

    Private Sub Button6_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button6.Click
        Me.Close()
    End Sub

    Private Sub Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button4.Click
        SQL = "DELETE FROM MOBIL Where PLAT='" & TextBox1.Text & "'"
        CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
        CMD.ExecuteNonQuery()
        Call Button1_Click(sender, e)
        Call RecordMOBIL()
    End Sub

    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Call hapustext()
        TextBox1.Focus()
    End Sub

    Private Sub Button5_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button5.Click
        Call hapustext()
        TextBox1.Focus()
    End Sub

    Private Sub TextBox1_KeyPress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles TextBox1.KeyPress
        Dim tombol As Integer = Asc(e.KeyChar)
        Dim xkode As String
        If tombol = 13 Then
            SQL = "SELECT * FROM MOBIL Where PLAT='" & TextBox1.Text & "'"
            CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
            DR = CMD.ExecuteReader
            DR.Read()
            If DR.HasRows = True Then
                TextBox2.Text = DR.Item(2)
                TextBox3.Text = DR.Item(3)
                TextBox4.Text = DR.Item(5)
                Call butoonedit()
                MsgBox("DATA DITEMUKAN!")
            Else
                xkode = TextBox1.Text
                Call hapustext()
                TextBox1.Text = xkode
                Call butoonsimpan()
            End If
            TextBox2.Focus()
        End If
    End Sub
    Private Sub Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button3.Click
        SQL = "UPDATE MOBIL SET PEMILIK='" & TextBox2.Text & "'," & _
                                "ALAMAT='" & TextBox3.Text & "'," & _
                                "MERK='" & ComboBox1.Text & "'," & _
                                "TAHUN='" & TextBox4.Text & "' " & _
                                "Where PLAT='" & TextBox1.Text & "'"
        CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
        CMD.ExecuteNonQuery()
        Call Button1_Click(sender, e)
        Call RecordMOBIL()
        Call hapustext()
    End Sub

    Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
        SQL = "INSERT INTO MOBIL (PLAT, PEMILIK, ALAMAT, MERK, TAHUN)" & _
        "Values ('" & TextBox1.Text & "','" & _
                        TextBox2.Text & "','" & _
                        TextBox3.Text & "','" & _
                        ComboBox1.Text & "','" & _
                        TextBox4.Text & "')"
        CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
        CMD.ExecuteNonQuery()
        Call Button1_Click(sender, e)
        Call RecordMOBIL()
    End Sub
End Class

SETELAH SELESAI COBA ANDA JALAN KAN APAKAH SEPERTI GAMBAR DIBAWAH INI
APABILA TIDAK SAMA HASIL NYA MAKA COBA ANDA PERHATIKAN BAIK-BAIK
PADA LISTING PROGRAM NYA MW PUN PADA DATABASE ATAU PADA DESAIN PROGRAM NYA,
semoga buat teman-teman yang membaca atau melihat program saya ini bermamfaat dan berguna
untuk di jadi kan tugas dari dosen nya,
dan apabila ada penyampaian yang kurang menyenangkan buat si pembaca
saya lantunkan 100 X maaf,
SEKIAN DAN TERIMAKASIH








Tidak ada komentar:

Posting Komentar