Halaman

Hamster

Minggu, 02 Juni 2013

SISTEM INFORMASI PENDATAAN PERPUSTAKAAN PADA PERPUSTAKAAN DAERAH SUMATERA UTARA MENGGUNAKAN VB.NET 2008


LANGKAT PERTAMA BUAT DATA BASESE SEPERTI DI BAWAH INI
YANG MANA DI DALAM SATU DATABASES TERDAPAT 3 TABEL


KEMUDIAN DESAIN LHA FROM MENU SEPERTI GAMBAR DI BAWA INI;

KEMUDIAN LISTING PROGRAM UNTUK MENU SEPERTI D BAWAH INI

Public Class Form1
    Private Sub KeluarToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles KeluarToolStripMenuItem.Click
        Me.Close()
    End Sub

    Private Sub FromBarangToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles FromBarangToolStripMenuItem.Click
        Form_barang.MdiParent = Me
        Form_barang.Show()
    End Sub

    Private Sub FromInToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles FromInToolStripMenuItem.Click
        Form_inventaris.MdiParent = Me
        Form_inventaris.Show()
    End Sub

    Private Sub FromRuanganToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles FromRuanganToolStripMenuItem.Click
        Form_ruangan.MdiParent = Me
        Form_ruangan.Show()
    End Sub

    Private Sub FromStafToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles FromStafToolStripMenuItem.Click
        Form_Staf.MdiParent = Me
        Form_Staf.Show()
    End Sub

    Private Sub LapBarangToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles LapBarangToolStripMenuItem.Click
        Laporan_Barang.Show()
    End Sub
End Class

KEMUDIAN DESAIN FROM BARANG SEPERTI DI BAWAH INI;


KEMUDIAN LISTING PROGRAM UNTUK BARANG SEPERTI DI BAWAH INI

Imports MySql.Data.MySqlClient
Public Class Form_barang
    Public DB As New MySql.Data.MySqlClient.MySqlConnection
    Public SQL As String
    Public cmd As MySqlCommand
    Public rs As MySqlDataReader
    Public Sub Opendb()
        SQL = "server=localhost;uid=root;pwd;database=pendataan_perpustakaan"
        Try
            DB.ConnectionString = SQL
            DB.Open()
        Catch ex As Exception
            MessageBox.Show(ex.Message)
        End Try
    End Sub
    Sub bersih()
        TextBox1.Text = ""
        TextBox2.Text = ""
        TextBox3.Text = ""
        TextBox4.Text = ""
        TextBox5.Text = ""
        TextBox6.Text = ""
    End Sub
    Sub RUBAHBUTTON(ByVal Btn1 As Boolean, ByVal Btn2 As Boolean, ByVal Btn3 As Boolean, ByVal Btn4 As Boolean, ByVal Btn5 As Boolean, ByVal Btn6 As Boolean)
        baru.Enabled = Btn1
        simpan.Enabled = Btn2
        batal.Enabled = Btn3
        hapus.Enabled = Btn4
        edit.Enabled = Btn5
        keluar.Enabled = Btn6
    End Sub
    Sub buattabel()
        heri.Columns.Add("kode_brg", 80, HorizontalAlignment.Center)
        heri.Columns.Add("nama_brg", 180, HorizontalAlignment.Left)
        heri.Columns.Add("jenis", 80, HorizontalAlignment.Left)
        heri.Columns.Add("jumlah", 80, HorizontalAlignment.Left)
        heri.Columns.Add("sumber", 180, HorizontalAlignment.Left)
        heri.Columns.Add("tahun", 80, HorizontalAlignment.Left)
        heri.GridLines = True
        heri.FullRowSelect = True
        heri.View = View.Details
    End Sub
    Sub isitabel()
        heri.Items.Clear()
        SQL = "select * from barang"
        cmd = New MySqlCommand(SQL, DB)
        rs = cmd.ExecuteReader
        Try
            While rs.Read
                Dim ist As New ListViewItem
                ist.Text = rs("Kode_brg")
                ist.SubItems.Add(rs("Nama_brg"))
                ist.SubItems.Add(rs("jenis"))
                ist.SubItems.Add(rs("jumlah"))
                ist.SubItems.Add(rs("sumber"))
                ist.SubItems.Add(rs("tahun"))
                heri.Items.Add(ist)
            End While
        Catch ex As Exception
            MsgBox(ex.Message)
        End Try
        rs.Close()
    End Sub
    Sub prosesdb(ByVal log As Integer)
        Dim pesan As String = ""
        Select Case log
            Case 0
                SQL = "insert into barang " & _
                      "values ('" & TextBox1.Text & _
                      "','" & TextBox2.Text & _
                      "','" & TextBox3.Text & _
                      "','" & TextBox4.Text & _
                      "','" & TextBox5.Text & _
                      "','" & TextBox6.Text & "')"
                pesan = "data telah disimpan"
            Case 1
                SQL = "update barang set nama_brg='" & TextBox2.Text & "', " & _
                        "jenis='" & TextBox3.Text & "'," & _
                        "jumlah='" & TextBox4.Text & "'," & _
                        "sumber='" & TextBox5.Text & "'," & _
                        "tahun='" & TextBox6.Text & "'" & _
                       "where kode_brg='" & TextBox1.Text & "'"
                pesan = "telah di update"
            Case 2
                SQL = "delete from barang where kode_brg='" & TextBox1.Text & "'"
                pesan = "data telah dihapus"
        End Select
        Try
            cmd = New MySqlCommand(SQL, DB)
            cmd.ExecuteNonQuery()
            MsgBox(pesan, MsgBoxStyle.Information + MsgBoxStyle.OkOnly, "konfirmasi")
            Call bersih()
            Call isitabel()
        Catch ex As Exception
            MessageBox.Show(ex.Message)
        End Try
    End Sub
    Sub showdb()
        rs.Read()
        TextBox1.Text = rs("Kode_brg")
        TextBox2.Text = rs("Nama_brg")
        TextBox3.Text = rs("jenis")
        TextBox4.Text = rs("jumlah")
        TextBox5.Text = rs("sumber")
        TextBox6.Text = rs("tahun")
        RUBAHBUTTON(False, False, True, True, True, False)
        edit.Text = ""
        TextBox1.Enabled = False
    End Sub
    Private Sub Button5_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles keluar.Click
        Me.Close()
    End Sub

    Private Sub Form_barang_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        Call Opendb()
        Call bersih()
        Call isitabel()
        Call buattabel()
    End Sub

    Private Sub TextBox1_KeyPress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles TextBox1.KeyPress
        Dim tombol As Integer = Asc(e.KeyChar)
        If tombol = 13 Then
            Dim x As String
            If TextBox1.Text = "" Then
                MsgBox("isi kode terlebih dahulu")
            Else
                SQL = "select* from barang where kode_brg='" & TextBox1.Text & "'"
                cmd = New MySqlCommand(SQL, DB)
                rs = cmd.ExecuteReader
                Try
                    Call showdb()
                Catch ex As Exception
                    x = TextBox1.Text
                    bersih()
                    TextBox1.Text = x
                    RUBAHBUTTON(True, True, False, False, False, True)
                    simpan.Text = "simpan"
                End Try
                TextBox2.Focus()
                rs.Close()
            End If
        End If
    End Sub
    Private Sub TextBox1_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles TextBox1.TextChanged

    End Sub

    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles baru.Click
        Call bersih()
        TextBox1.Focus()
    End Sub

    Private Sub batal_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles batal.Click
        Call bersih()
        TextBox1.Focus()
    End Sub

    Private Sub hapus_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles hapus.Click
        Dim x As String
        x = MsgBox("anda yakin ingin menghapus", MsgBoxStyle.Information + MsgBoxStyle.YesNo, "hapus")
        If x = vbYes Then
            Call prosesdb(2)
        End If
    End Sub

    Private Sub simpan_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles simpan.Click
        If simpan.Text = "simpan" Then prosesdb(0) Else prosesdb(1)

    End Sub
    Private Sub edit_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles edit.Click
        If edit.Text = "edit" Then prosesdb(0) Else prosesdb(1)
    End Sub
End Class

MAKA HASIL NYA AKAN SEPERTI DI BAWAH INI

NAH SEKARANG SAYA AKAN COBA MENJELAS KAN SEDIKIT DALAM PEMBUATAN SEBUAH LAPORAN MENGGUNAKAN MYSQL,
LANGKAH PETAMA INSTALL LHA TERLEBIH DAHULU MySQL ODBC Drivers 3.51
SUPAYA BISA DI BACA DARI PENYIMPANAN MYSQL NYA
KEMUDIAN DESAIN LHA LAPORAN NYA
SEPERTI GAMBAR DI BAWAH INI;
SETELAH KITA JALAN KAN AKAN SEPERTI GAMBAR DI BAWA INI LAPORAN BARANG NYA;

KEMUDIAN DESAIN FROM INVENTARIS SEPERTI DI BAWAH INI



KEMUDIAN DESAIN FROM RUANGAN SEPERTI DI BAWAH INI



KEMUDIAN DESAIN FROM STAF SEPERTI DI BAWAH INI

SELAMAT BELAJAR VB.NET

SEKIAN DULU TUGAS YANG BISA SAYA BUAT SEMOGA BERMAAFAAN BUAT SAYA KHUSUS NYA DAN TEMAN2 SEMUA NYA YANG MEMBACA NYA UNTUK FROM STAF,FROM RUANGAN, DAN FROM INVENTARIS ITU SAYA AKAN COBA LISTINGKAN PROGRAMAM NYA DI LAEN WAKTU SEKIAN DAN TERIMA KASIH,,
BY HERI SIANIPAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar